Senin, 08 Februari 2016

LIBAM Gelar Super English Camp (SEC) Ke-4 Se-Sulselbar

STAIN Parepare - Lintasan Imajinasi Bahasa Mahasiswa (LIBAM) STAIN Parepare mengadakan kegiatan Super English Camp (SEC) Fantastic 4 yang berlangsung selama sepekan, Senin-Minggu 08-14 Februari 2016 di lingkup STAIN Parepare. Kegiatan yang diadakan keempat kalinya ini dihadiri oleh 301 peserta yang terdiri dari siswa/siswi SMP/MTs sederajat dan SMA/MA sederajat se-Sulselbar. Pada tahun ini beberapa kabupaten baru bergabung seperti Jeneponto dan Sulawesi Barat. Kegiatan tersebut, selain sebagai ajang sosialisasi kampus dan jalin silaturahmi, juga peserta akan memperebutkan piala bergilir.

Kepedulian LIBAM terhadap alam terlihat dari tema kegiatan yaitu back to nature to get your better future yang artinya kembali ke alam untuk masa depan yang lebih baik. “Menjaga dan melestarikan alam sekitar merupakan gambaran  kehidupan masa depan yang lebih baik,” jelas Ketua Panitia, Muzakkir. Lanjutnya, “digambarkan kepada teman-teman dari SMA dan SMP untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan alam semesta”.

Para instruktur yang terdiri dari 11 orang menyediakan 4 konsep dalam kegiatan, yaitu memberikan materi pembelajaran yang lebih atraktif, mengajak peserta bersenang-senang dengan bermain game sehingga peserta tidak bosan, membangun daya imajinasi, dan membangun persahabatan dan persaudaraan antara daerah-daerah yang lain. Dengan itu, peserta dibagi dalam beberapa grup dimana setiap grup terdiri dari sekolah yang berbeda sehingga mereka bisa saling mengenal.

Ketua Umum LIBAM Hadi Arif mengungkapkan pentingnya Bahasa Inggris dalam sambutannya ketika pembukaan, “bagaimana pentingnya bahasa inggris sekarang ini, English that’s International Language, jadi Bahasa inggris adalah bahasa internasional, bahasa yang sangat dibutuhkan sekarang ini.”

Dewan Mahasiswa dan Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini menurut saya itu adalah sesuatu yang sangat penting apalagi menyangkut dengan masalah penguasaan atau pengetahuan bahasa.” Jelas Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Muh. Junaedi. Selain itu, ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia pelaksana SEC LIBAM dan berharap mereka menjadi orang sukses dan bermanfaat.

Pembukaan kegiatan SEC kali ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare yang mewakili Walikota Parepare. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa mahasiswa tidak salah dalam melakukan kegiatan yang seperti ini, “Tidak salah mahasiswa melakukan kegiatan seperti ini karena Bahasa Inggris itu tidak bisa dihindari, ia adalah kebutuhan. Bahasa inggris, bahasa internasional. 400 juta orang berinteraksi dengan bahasa inggris di dunia internasional secara aktif. Ini menandakan bahwa kebutuhan bahasa inggris saat ini cukup penting dalam konteks relasi dan komunikasi”. Tambahnya, ia berharap kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan lancar serta melahirkan kader-kader yang mampu berdedikasi dengan baik.

Selain Kepala Dinas Kota Parepare, kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, HM. Basri yang membuka kegiatan SEC Fantastic 4 secara resmi dengan memukul gong. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dalam pengembangan pendidikan, selain itu hal tersebut merupakan prestasi yang luar biasa meskipun kampus STAIN Parepare kecil.
"banyak kampus di Makassar ukuran kampus fisiknya besar, ukuran mahasiswanya juga besar namun jarang melakukan kegiatan sebesar ini." Ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar, HM Basri dalam sambutannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar